Monday, July 27, 2009

- "Kembali MengandalkanNya." -

Bbrp wkt terakhir ini,, gw benar2 merasa sedang mengalami kekeringan rohani..
Rasanya gak punya kerinduan utk berdoa,, apalagi SaTe.. Kerinduan utk melayani Tuhan pun seakan sirna.. Setiap pagi dan malam gw memang tetap berdoa,, tp seakan2 doa gw hanyalah doa hafalan setiap hari, yg gw doakan hanya sebatas dari mulut, bukan dari hati gw..
Setiap kali gw berusaha mencoba baca firman atau mendengar pengajaran2 alkitab,, gw seperti gak mendapat dan merasakan apa2.. Sama rasanya seperti ketika gw membaca koran atau majalah. Gak ada rasanya. Gak ada "api" dalam hati gw yang menyala. Tawar. Hambar sekali. Pelayanan pun gw lakukan tanpa motivasi apa2,, hanya karena gw merasa itu adalah bagian dari tanggung jawab gw yg tetap harus gw kerjakan.

Semakin gw gak SaTe dan doa,, gw semakin merasa jauh dr Tuhan. Semakin gw merasa jauh,, semakin gw malas utk SaTe dan doa.. Huahh. Bener2 sperti lingkaran setan.
Keadaan ini diperparah krn gw sedang dalam masa libur semester yg cukup panjang. Krn liburan ini, gw mulai merasa jauh dgn komunitas gw, baik Hiero maupun BiG. Terutama Hiero,, krn biasanya saat masa kuliah, minimal seminggu sekali atau 2 kali gw berkumpul dgn anak2 Hiero utk PD, pembinaan, latian vokal, dll. Tapi udh beberapa minggu ini,, kegiatan2 itu utk sementara ditiadakan dulu, sampai masa kuliah semester depan dimulai..

Krn masa kekeringan ini,, tanpa gw sadari gw mulai mengandalkan diri gw sendiri dalam menghadapi masalah2 gw.. Sampai pada satu titik,, gw bener2 merasa lelah dan gak tau harus berbuat apa. Gw cm bs menangis. Gw merasa kehilangan pegangan, krn gw sedang jauh dari Dia.
Akhirnya kmrn gw gak tahan,, dan gw share sedikit ke temen gw ttg kekeringan yg sedang gw alami ini.. Ada satu kalimat yg dia katakan: "Kamu ga akan bisa nanggung semua beban ini sendiri, de.."
Kalimat ini membuat gw sadar,, bahwa gw bener2 gak bisa mengandalkan kekuatan gw sendiri dalam menghadapi masalah2 gw.. Gw gak akan kuat. Gw gak akan mampu menemukan jalan keluar yg terbaik,, tanpa gw bertanya pada Dia dan melibatkanNya sepenuhnya.

Malam itu,, gw membulatkan hati gw utk kembali komitmen dalam SaTe dan doa gw..
Gw mulai membaca alkitab lagi,, dan menemukan bbrp ayat dlm kitab Ibrani yg pada akhirnya berkali2 membuat air mata gw menetes..
Tuhan berbicara banyak pada gw malam itu. Disaat gw bersedia menyendengkan telinga gw dan gak mengeraskan hati gw,, gw sadar bahwa sebenarnya Dia gak pernah berhenti berbicara pd gw sambil memeluk gw :)

Akhirnya gw menceritakan semua uneg2,, kesedihan dan masalah2 gw pada Dia.
Mungkin masalah itu memang blm selesai sampai saat ini,, tapi ketika gw memutuskan utk menaruh semua beban gw di kakiNya,, gw seperti mendapat kekuatan yang baru.. Gw merasa gak sendiri dalam menghadapi masalah ini.. Dan ada satu suara dalam hati gw yg selalu mengingatkan bahwa semua ini diijinkan terjadi hanya utk kebaikan gw, utk mendewasakan gw, utk memberi hari depan yg penuh harapan bagi gw..

Gw bersyukur,, krn Dia gak melepaskan gw.. Krn Dia adalah Allah yang sama dahulu, sekarang, dan selama2nya.. Dia Allah yg gak akan membiarkan gw sendirian. Dia Allah yg tetap setia,, walaupun terkadang gw gak setia sama Dia. Dia gak akan membiarkan gw jauh :)
Gw bersyukur krn gw pny Dia sebagai nahkoda dalam hidup gw.. Gw akan belajar utk lebih lagi percaya dan menyerahkan semuanya padaNya. Krn Dia adalah Allah yg gak pernah mengecewakan gw ^^

Thank You, Lord, for hugging me back :D

No comments: