Saturday, August 30, 2008

- "iman dibalik JERUJI" -

Hari ini gw ikut salah satu acara PAJ yang namanya "iman di balik jeruji". Jadi ini adalah acara kunjungan anak atma ke penjara LP anak wanita di tangerang.
Peserta kunjungan ini terbatas cm 25 orang, krn cm ada satu bus buat transport..
Gw dan 3 temen gw (ria, nata, juju) dah daftar buat ikutan acara ini dari sktr 2 minggu lalu.

hmm..
pas gw bangun tidur pagi ini gw sebenernya agak menyesal krn dah mutusin ikut acara ini, krn gw jadi mesti ke kampus pagi2, padahal sebenernya hari ini gw libur..
Gw sempet keilangan mood pas paginya. Tp gw pikir, kalo ga skarang blom tentu ada kesempatan lg buat rasain yang namanya kunjungan ke penjara.
Kata temen2 SMA gw, "gokil" abis baksos kok ke penjara ahauhuaha =P

okeh. Kurang lebih sejam setengah setelah gw sampe di kampus, kt smua brangkat dengan 1 bus militer nuju tangerang hehe..

Entah knapa,, pas dah nyampe, kok kykna suasana brubah mjd agak tegang yah. Mgkn krn sebagian besar dr kt blom pernah liat apalagi masuk ke yang namanya penjara.
Apalagi sebelum turun dari bus, panitia blg kt mesti ngumpulin tas, hp, dompet,perhiasan ampe jem tangan ke panitia.
Katanya kalo maw masuk ke dalem, jangan bw barang2 itu.. Bayangin mpe jem2 tangan murahan aja ga bole dibawa msk,, katanya takut dipalak sama napi2nya.
Jadi yang ada dibayangan kt smua adalah, bhw keadaan di dalam tembok penjara itu sangat mengerikan.
Gw bahkan dah menyiapkan mental dan jawaban apa kira2 yang bakal gw berikan kalo seandainya gw mpe dipalak ntar di dalem ahahaa..
Gw jg dah membayangkan bhw keadaan di dalem itu gelap2 suram nan sempit sebagaimana penjara2 yang gw liat di tv2..

Dan gw kaget amat sangat, krn pas gw masuk ke dalem, penjaranya luaaaasssssssss banget! halaman rumputnya luas pula. ada lapangan volinya sgala.
hmm.. Sejujurnya lebih terlihat seperti rumah ret2 daripada penjara haha..
Dan saat mata gw memandang sel2 mereka dari jauh, kykna gak semengerikan yang gw bayangin d, bangunan sel2nya dari luar keliatan kyk kamar2 panti asuhan..
Abis itu anak2 atma dan napi bercampur duduk bareng ikutin misa. Lalu dilanjutin sama bbrp games, disini kt dibagi jadi bbrp kelompok..
trus kt kenal2an dan membaur bersama =)
Stlh games ada acara sharing2 dan nyanyi bersama gt sambil nunggu makan siang..

Nah, itu crita gw ttg kegiatan kami di penjara hari ini.
Tapi yg sebenernya pengen gw utarakan dalam blog ini adalah ttg bgmana kesan gw sama mrk,, sama para napi2 wanita itu..
In fact, gw rasa panitia agak terlalu berlebihan dalam memprotek diri kami, cthnya sampe jam tangan dll harus dilepas sgala.
Padahal ternyata, mrk *para napi* adalah orang2 yang sopan,, mrk ramah sama kami, mrk senyum sama kami dan mrk mau membaur dgn kami..
Sebagian besar dari mereka malah bener2 ga punya tampang napi alias orang jahat.

Ada satu napi yang gw ajak kenalan, namanya Dina. U know? She's so beautiful.
Mukanya bersih, badannya tinggi langsing, rambutnya panjang kecoklatan gt. mukanya jg cantik. dan dia sangat baik sama gw.
Dy ajarin gw bahasa isyarat =)
Dy blg, itu bahasa para napi, krn dipenjara kalo udah malem mrk ga bole ngobrol, jadi mrk ciptain bhs isyarat buat ngobrol diem2..
Trus dy ngajarin gw berulang2 dgn sabar, sampe gw akhirnya bs hehehe ^^
Lalu salah satu temennya nyeletuk "jgn sering2 pake bahasa isyarat loh,, ntar kamu dikirain napi hahaha", trus kt smua ketawa dgr dy blg gt hehe..

Salah satu napi ibu2 yang duduk di belakang gw crita, dy dipenjara krn dijebak. dy blg, hukum di indonesia udah parah bgt, orang tuh gampang bgt dijeblosin ke penjara.
Katanya waktu itu tetangga dy suami-istri lg berantem gede gt, trus anaknya yang masi bayi dititipin ke dy. Trus gw jg agak ga ngerti napa, pokoknya intinya dy blg akhirnya dy dituduh maw jual bayi dan ujung2nya dy dipenjara T.T
Tragis bgt,, difitnah kyk gt, dy ga salah apa2 dan harus nanggung derita di balik jeruji besi.. Dan yang membuat gw tambah sedih,, dy blg kalo anaknya seumuran kami..

Gw percaya, mgkn ada byk dari antara napi2 itu yang gak seharusnya berada disitu. Mksd gw, mrk dihukum atas kesalahan yang gak mereka perbuat.
Tapi yang gw salut dari mereka, penampilan dan spirit mereka gak kyk napi, gak suram2 lesu2 gt.. mereka semanget banget saat nerima kunjungan kami!
Yang membuat gw terharu skaligus malu adalah saat kami nyanyi lagu2 rohani bersama2,, they sang songs twice more enthusiastic than us!!
Keliatan bgt kalo mrk nyanyi lagu2 itu bukan cm dimulut, tp dari hati mrk =)
mrk nyanyi dgn smanget, tanpa malu2, mrk tepuk tangan, goyang kiri kanan, mrk nyanyi dengan penuh sukacita dan smangat! padahal kami aja anak2 muda yang bebas gini, jujur, nyanyi disana dgn setengah hati.
That's why i felt ashame.
Saat misa mrk jg bawa alkitab, dan pas gw melirik2,, ternyata alkitab mrk banyak distabilo, artinya mrk suka baca alkitab!! How amazing!!
Gw aja yang punya kesempatan buat baca alkitab kapanpun gw mau, kadang ngerasa males buat nyempetin diri baca alkitab tiap hari.. argh. gw bener2 ngerasa digampar hari ini sama Tuhan T.T

Saat mrk sharing,, mrk blg (dan gw yakin mrk tulus blg ini) bhw mrk bener2 seneng bgt kalo ada orang2 dateng berkunjung dan buat acara2 kyk gini di penjara.
Mrk blg mereka udah bener2 jenuh dengan kegiatan2 rutin mrk sehari2, yang gak pernah berubah dari taun ke taun mrk tinggal disana. Gw bener2 terenyuh bgt saat dgr itu, dan gw bs ngebayangin prasaan mrk, walopun cm sedikit.
dan skarang gw jadi paham knapa mrk sampe sesukacita itu saat kami dateng berkunjung.
Dari sini gw bener2 blajar buat lebih bersyukur atas apapun yang gw punya dan alami skarang. Kadang gw suka ngegerutu kalo ada tugas kuliah yang numpuk, ato saat gw pulang kuliah malem bgt krn rumah gw jauh.
Tp kadang gw ga sadar, bhw gw sebenernya amat sangat beruntung dibandingin mrk, gw bs bebas berkeliaran kmanapun gw maw, gw bs pergi kuliah, pergi ke greja, pergi jalan2, pergi kemanapun.
dan yang paling penting gw punya keluarga yang hidup bersama gw dirumah..
Gak seperti mrk,, gak bs kemana2, bertahun2 ditempat spt itu, gerak ke kiri diatur, gerak ke kanan diatur, harus jalanin serangkaian kegiatan rutinitas yang ngebosenin dari hari ke hari.

Di penjara gw jg ngeliat ada balita negro gt,, katanya ibunya orang kulit putih, tp ayahnya orang nigeria. Anak itu lahir dan sampai skarang dibesarkan di penjara, krn ibunya masi mendekam di penjara. Gw ga tau bakal gmana perkembangan anak itu. lahir dan dibesarkan di penjara.
ditengah lingkungan penjara yang dingin. tanpa ayah. dan ibu yang menyandang status napi. Skali lagi dari sini gw bener2 ditegur dan disadarin sama Tuhan untuk bersyukur atas keluarga gw.
Terimakasih Tuhan, krn aku punya keluarga yang baik. Terimakasih krn aku punya keluarga yang selalu ada buatku dan slalu berusaha utk memberikan yang terbaik.
Terimakasih Tuhan, krn aku gak berada di posisi anak itu, dmana ibunya napi dan ayahnya gak tau ada dimana.. Thank You, Lord.

Humph.. gw gak bs berbuat apa2 bagi mrk.. Yang bs gw berikan cm sebatas senyuman serta kata2 penghiburan.. Tapi entah knapa, tiba2 gw rinduuu banget buat memberikan mereka firman Tuhan.
Gw pengenn banget mrk kenal Tuhan dan mengalami pertobatan yang sungguh2,, spy hidup mrk dipulihkan, dan saat mrk keluar dari tembok penjara itu, mrk bs punya satu kehidupan yang baru, kehidupan yang memandang ke depan dan melupakan masa lalu mereka yang suram.
Kehidupan yang berguna bagi orang lain. Kehidupan yang dijalankan bersama2 dengan Yesus =)
Gw gak tau, gmana caranya gw wujudin kerinduan gw itu,, tp satu hal yang bs gw lakukan skarang utk mrk adalah berdoa bagi mrk. Krn gw yakin, doa orang benar besar kuasanya. Dan doa dapat mengubah segala sesuatu.

Tuhan,, biar Engkau yang mengampuni segala kesalahan mereka, memimpin hidup dan setiap langkah mereka ke depan, serta menyembuhkan luka2 hatinya.

Mungkin bagi manusia kesalahan mrk udah gak bisa diampuni lagi, tp ketika mrk mau bertobat dengan sungguh, gw yakin,, Tuhan gak akan menolak mereka di Rumah Bapa. Krn Dia itu Maharahim.

Thank You, Jesus.


Nb: Makasi buat smua temen2 di LP yang dah kasi gw byk pengalaman dan pengajaran ttg hidup scara gak langsung hari ini.. Makasi banget ^^
Look at the rainbow after the rain, friends =)

No comments: