Saturday, September 6, 2008

- "Brotherhood In God" -

Entah knapa sepanjang hari ini gw semanget banget nungguin buat PD BIG besok. Mungkin krn dah 3 minggu gak PD jg kali ya.. Pokoknya gw lagi pengen PD, lagi pengen PW bareng2, lagi pengen ketemu dan bercanda2 ma temen2 BIG, lagi pengen denger firman, lagi pengen melayani, lagi pengen ngabisin waktu diluar rumah wkwk.. can't wait for tomorrow! =)

Humph.. Kalo dipikir2,, ternyata gw dah lumayan lama jg yah kenal komunitas BIG (Brotherhood In God) ini.. Pertama kali gw dateng ke PD BIG tuh bulan november taon 2004.. Waktu itu baru 5 bln setelah gw ikut Seminar Hidup Baru (SHB) yang bener2 mengubahkan hidup gw.. Gw diajak ke BIG sama temen sekelas gw yang namanya Carol. Trus gw diajakin buat ikut komselnya tiap hari jumat. Disana pertama kalinya gw blajar bersosialisasi dengan orang2 yang sebagian besar lebih tua dari gw.. Tapi ga tau knapa gw mulai ngerasa nyaman sama mrk.. Disana gw dapet perhatian dari cici2 dan koko2 yang mgkn sblmnya blom perna gw rasain.. Bener2 berasa pny sodara2 yang memperhatikan gw,, pny satu kluarga baru yang sayang sama gw..

Banyakkk banget hal2 yang gw brusaha blajar dari mrk. Salah satunya adalah belajar buat melayani. Lewat setiap personil dalam BIG, gw mulai belajar mengenal diri gw, mengenal apa talenta gw, mengenal bgmn sebenarnya sifat gw dsb dsb.
Dan rohani gw jg bertumbuh dengan pesat dibawah support dan bimbingan mrk ^^

Astrid yang dulu pertama kali masuk BIG adalah astrid yang paling takut disuru pimpin doa. Bayangin aja,, gw rela cari2 alesan buat ga ikut komsel krn gw takut ditunjuk buat pimpin doa, entah doa pembuka ato doa penutupnya.. Padahal gw saat itu bener2 rindu buat denger firman dan sharing2 di komsel. Gw masi ingetttttt banget saat gw bergumul setiap jumat malem,, antara dateng komsel dan pimpin doa, ato diem dirumah.. Bahkan ga jarang sebelum komsel gw doa pribadi sambil nangis ma Tuhan krn gw bener2 takut banget ntar disuru doa!

Tapi akhirnya dengan penuh perjuangan gw membiarkan mereka membentuk gw.. Menjadi lebih berani utk melayani, dengan segala kekurangan dan kelebihan gw. Untuk membuat gw berani memimpin doa,, gak cuma butuh beberapa minggu,, tp hampir 2 tahun di BIG, gw br bener2 bs hampir selalu berkata "iya" saat gw diminta mimpin doa.. Sebelumnya,, semua orang udah tau bahwa gw PASTI bakal slalu menolak dan mengelak kalo disuru doa.

Anehnya,, setiap kali gw selesai mimpin doa, temen2 BIG selalu antusias ngasi gw peneguhan, bhw gw pny karunia buat berdoa, bhw doa gw berkuasa, and so on.
Awalnya jujur gw mengira kalo mrk pasti cm maw menghibur gw doang, spy gw lebih percaya diri kalo doa.. Tp ternyata gak cm satu-dua orang doang yang blg begitu.. Intinya,, gw dapet banyakkk bgt peneguhan, yang membuat gw sadar bhw mrk gak cm sekedar menghibur gw. Lalu gw br mulai memperhatikan talenta gw itu,, dan mule mengasahnya..

Sampe makin lama gw diberi kesempatan buat melayani di BIG, mulai dari koord sie konsumsi, bawain renungan malem di ret2, pimpin doa di pelantikan tim BIG, pimpin doa di PD, jadi pagar doa, bawain renungan di komsel, pendoa altar call, menyampaikan nubuatan, jadi WL pas session ret2, jadi singer pas PD, sampe yang gw paling kaget adalah gw ditunjuk jadi koordinator sie doa BIG!!

My God. Jadi koord doa BIG bener2 satu hal yang gak pernah terlintas sama skali di benak gw. Makanya gw shock berat pas taun ini gw dipilih, buat periode kepengurusan 2 taun pula! Wew. Gw yang slama ini kga perna punya pengalaman apa2 ttg mengkoordinir tim doa, ga tau mesti bikin program apa, ga tau mesti bersikap gmana dll.. Tapi entah ada dorongan dari mana, waktu gw dismsin sama ketuanya waktu itu, gw blg "ya udah ci.." dengan pasrahnya. Padahal pikiran gw bener2 menolak, tp kok mulut gw kykna ga maw diajak kerjasama..
Tapi satu hal yang gw yakinnn dengan amat sangat waktu itu,, adalah bahwa Tuhanlah yang udah ngerencanain dan ngatur semua ini. Kalo gw bole ditempatin sbg koord doa, itu pasti Tuhan yang pilih, bukan ketuanya, bukan tim lain or anyone else. Dan gw selalu percaya, bhw saat Tuhan memilih gw utk melakukan suatu pekerjaan, maka Dia gak akan pernah lupa untuk menyertai gw dengan kemampuan dan kekuatan. Itu yang sampe skarang slalu gw pegang.

Jujur,, seperti yang gw bayangkan sebelumnya, ternyata jadi koord doa bener2 gak mudah. Banyak harga yang mesti dibayar. Setiap kali gw gagal mengajak tim gw buat doa mingguan,, ada satu perasaan mem-blame diri gw sendiri.. Seringkali gw ngerasa gw bener2 ga layak jadi koord doa. Gw sadar bhw gw bukan orang yang memiliki karunia ketekunan untuk mendoakan sesuatu secara terus menerus sampai doa itu dikabulkan. Untuk permohonan gw sendiri aja, gw ga perna bs ngedoain itu secara rutin tiap hari, apalagi mendoakan permasalahan orang. Hal ini yang bener2 dipake sama iblis buat nge-blame diri gw. Mengintimidasi pikiran gw dengan kerendahdirian. Dan saat tim gw down, kdg gw kembali menyalahkan diri gw, knapa gw ga bs bikin mrk smanget lg.. Gw tau pikiran ini ga bole dipelihara, tp gw jg ga tau gmana cara ngusirnya.. Dan hal yang membuat gw merasa ga layak bkn cm itu, ada bbrp hal lain jg yang ga perlu gw sebutin satu2 disini..

Baru setengah taun gw lewatin sbg koord doa tanpa membawa perubahan yang berarti bagi tim doa. Masi satu stgh taun ke depan menunggu gw. Entah apa yang harus gw lakuin, apa yang akan terjadi, dan apa yang menanti gw.. Satu hal yang bs gw kasi ke Tuhan adalah kesetiaan. Mgkn gw memang blum mampu untuk melakukan hal2 besar,, tp gw akan tetap setia ngejalanin hal2 kecil yang dipercayakan pada gw.

Gw pengen blg makasii buat smua temen2 BIG,, kakak2 rohani,, pembina BIG dan smua sodara gw di BIG.. Buat setiap pasang telinga bagi curhatan2 gw,, buat setiap support dan peneguhan yang diberikan,, buat setiap bimbingan rohani,, buat setiap firman yang diajarkan,, buat setiap kesempatan utk melayani,, buat perasaan dikasihi dan diperhatikan,, dan buat persaudaraan di dalam Kristus ini =)

Special thx buat ci silvi dan richard,, ketua komsel gw yang pertama. Mrk yang paling tau perkembangan gw,, mrk yang paling berperan dalam perubahan gw,, mrk yang paling mengerti dan mengenal gw.. Thx yah ci silvi,, krn ga bosen2nya dengerin penolakan aku buat pimpin doa,, maap bgt buat hal itu.. Aku sedang blajar utk ga ngulangin itu lg.. Thx jg buat richard,, krn dah maw jadi tong sampah gw buat curhat.. Walaupun skarang kt dah jarang ngobrol, tp gw bersyukur dulu gw sempet pny ketua komsel kyk lo, yang bs gw percayain rahasia2 gw dan ga perna bosen menghibur gw.. I really appreciate it =)

Tengkyu jg buat ketua komselku yang kedua,, ci alice dan ci tasya.. Buat nasehat2nya, firman2nya, doa2 dan dukungannya.. Buat keluarga komsel pertama dan kedua..
Juga buat Carol yang udah bawa gw ke komunitas ini,, tanpa lo gw blom tentu jadi bagian dalam keluarga ini..
Dan buat semua anggota BIG!! We're really a BIG Brotherhood In God! =)
Tetap semangat melayani. Saling membangun dan mengasihi di dalam Kristus ^^
Luv u all,, God bless!

Oya gw maw titip pesen buat tim doa gw:
"Doa pribadi bagaikan jerami yang tercecer disana-sini; jika kamu membakarnya, akan menghasilkan tebaran api kecil-kecil. Tetapi, kumpulkan jerami-jerami itu dan bakarlah! Maka kamu akan mendapatkan suatu nyala api yang besar, berkobar bagaikan pancang ke angkasa. Doa bersama seperti itu.."
- St. Yohannes Maria Vianney -

Tetep semanget doa bareng tiap minggu ya..
Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan!
(Roma 12:11)

No comments: