Monday, August 11, 2008

- "Ur ways aren't my ways.. Ur plans aren't my plans" -

Gela. Makin hari makin gak keitung brapa banyak orang yang tanya sama gw,, knapa gw berakhir di FKIP ing atma jaya.. Smua nanya sama gw: "Lu masuk mana trid jadinya?? ambil apah??"
trus pas denger jawaban gw: "Ke atma gw,, ambil FKIP ing.."
raut muka mrk brubah smua mpe super shock gt wkakaka..
trus pasti diakhiri dgn kata2: "haaaa??!! srius lu?? kok ngambil gtan sih?? lu IPA kan? sayang bgt.. knapa gak jadi kedokteran?! bukannya dulu maw kedokteran ya? bla bla bla bla.."

duh Tuhan,, sedih tiap kali liat ekspresi mrk yang super shock gt T.T
makanya slama ini gw hindarin nanya ma orang d,, mrk masuk mana n ambil jurusan apah.. krn ujung2nya mrk pasti nanya balik gw ambil apah huhu..

Why did i choose this major?? Honestly,, i don't have any idea at all wkwk..
Seumur idup gw, gw jg ga pernah ngebayangin ato even nyangka kalo gw bakal msk jurusan ini.. yang slalu ada dibayangan gw slama ini adalah gw bakal masuk kedokteran, ato teknik apa gt,, ato biotek,, ato mentok2 perhotelan pariwisata gt..
kga perna terlintas dipikiran gw sedikit pun, gw bkal ngambil inggris..

humph.. gw buka kartu dagh. sejujurnya,, gw buat keputusan ambil jurusan ini cm dalam 3 HARI. can u imagine that?? i made my future just only in 3 days. ugh.

critanya bginih. Sejak awal kelas 3,, gw mulai mempersiapkan mental dan nilai akademik gw buat masuk kedokteran.. Scara gw ga punya pilihan lain,, smua subjek gw gak gt suka,, cm biologi kimia yang gw bener2 demen.. Gw bahkan dah nyiapin mental buat liat mayat, darah, organ dsb yang berhubungan dgn medis.. Trus awal januari akhirnya gw dapet PMDK kedokteran di salah satu univ di jkt.. Gw dah ditrima, dah tes kesehatan, dah tes psikologi, dah tes buta warna.. pokoknya smua syarat udah dipenuhi buat msk kedokteran..
seminggu sebelum batas pembayaran terakhir, gw pergi ke puncak ma kluarga besar bokap gw..
trus disana gw disidang ma satu kluarga besar itu.. mrk mpe ngumpul duduk diruang keluarga cm buat nasehatin gw berjam2 supaya ga masuk kedokteran..
Mrk blg gw itu ce, kedokteran tuh berat, biayanya gak sdkt,, lama pula,, dah lulus saingan byk bgt blom tentu sukses,, kalo cm ambil dokter umum mah gak bakal idup,, tp kalo lanjut spesialis maw lulus kpn coba,, mrk takut gw gak married2,, selaen itu dokter jg harus jaga malem sgala ribet bgt..
Trus ada satu sepupu gw yang ambil kedokteran di bdg, dy anaknya pinter bgt, nile nyaris cumlaude (ato udah cumlaude beneran gw lupa), lulusnya jg termasuk yang paling cepet.. tp dy skarang kaga sukses.. Ngelamar sana sini gak ditrima,, akhirnya dy kerja di puskesmas dengan gaji gak lebih dari sejuta sebulan. Parah kan?! They don't want me to be like that.

Pokoknya intinya mrk gak stuju gw masuk kedokteran. Dari sekian byk keluarga besar bokap gw,, bener2 ga da satupun yang dukung keputusan gw.. Sampe disana gw speechless pas disidang gt.. Gw ga bs bela diri gw,, krn sebenernya gw tau yang mrk omongin bener jg si..
Cm pas waktu itu gw shock berat jglah,, krn kan gw tadinya dah yakin dan srius bgt maw ambil FK, bener2 tinggal bayar uang pangkalnya minggu dpn.. Ternyata pas pulang dari puncak, uangnya gak dibayarin ma bonyok.. Jadi yahh.. batal de T.T
Smua rencana dan mimpi gw tiba2 ludes dalam sehari.. Mental gw ttg FK lgsg down gt.. Dan gw harus mulai dari awal lg,, cari jurusan yang gw maw,, daftar ke univnya,, ikut tesnya (krn jalur bebas tes udah lewat tglnya),, mesti wawancara,, urus registrasi ulang,, dsb dsb..

Frustasi berat gw waktu itu. Dan akhirnya ngko gw yang pertama kali nyaranin gw masuk FKIP ing aja.. Awalnya gw sempet marah ma dy,, apa2an gw disuru masuk jurusan gtan,, perna kepikir aja kaga, lgan wkt itu gw masi pengen pertahanin jurusan IPA gw di SMA,, jd kalo batal FK seenggak2nya masi ambil jurusan yang dari IPAlah.. Masa jurusan bahasa gt??!

Tp rencana Tuhan tu emank bener2 aneh dan ajaib.. Ntah knapa akhirnya dengan pasrah gw milih msk ing.. Bersyukur krn byk orang2 dewasa yang kasi masukan ke gw,, dan dukung gw buat msk ing.. kalo gak,, gw bener2 putus harepan dagh ahahaa..
Mrk yakinin gw, kalo masa depan ing akan lebih bagus daripada dokter..
Dan stlh gw pikir scara jernih,, gw renungin dan pertimbangkan lagi,, ternyata yah memang FKIP ing gak seburuk pandangan awal gw..
Byk temen2 mudika gw yang sukses cm dengan ngajar n ngelesin anak2 bhs ing.. Mrk dapet penghasilan yang bs dibilang lebih dari cukup bwt idup mrk..
Padahal modal kuliah mrk jauhhhhh lebih ringan daripada FK,, baik dalam hal materi, tenaga, waktu, pikiran dsb..
Pekerjaan yang mrk lakuin skarang jg lebih mudah dibanding dokter..
They're just teaching,, not healing people..
tanggung jawabnya jg jauh lebih kecil..

Huaahhh..
skarang gw dah terlanjur masuk di FKIP ing dan gw gak bole nyesel sedikitpun,, coz i can do nothing wkwk..
Just trying to love this major and trying to be successful in the future =)

"JalanMu bukan jalanku,, rancanganMu bukan rancanganku."

No comments: