Sunday, August 17, 2008

- "am i SANGUINE or MELANCHOLIC??" -

Humph. Akhir2 ini gw tiba2 jadi sering ngerenungin,, sebenernya gw ini termasuk tipe orang yang berkepribadian kyk gmana.
Gw baca di www.pintunet.com bahwa ada empat kepribadian seseorang secara garis besar yaitu Sanguinis, Melankolis, Koleris dan Plegmatis.

1. Sanguinis
Orang sanguinis cenderung kurang rapi tetapi sangat enerjik, dinamis dan ceria. Mereka orang yang hangat untuk diajak berteman, berkepribadian menarik dan selalu menjadi teman baik. Mereka selalu penuh semangat, antusias dan ekspresif dalam mengerjakan sesuatu, termasuk dalam berdiskusi. Mereka tipe orang yang suka bicara. Dalam merespon suatu hal, mereka cenderung emosional, demonstratif dan penuh rasa ingin tahu. Sayang, pribadi sanguinis memiliki kecenderungan tidak konsisten dalam tanggung jawab. Jika memulai sebuah proyek, dia bisa jadi berhenti di tengah jalan sebelum pekerjaan itu selesai.

2. Melankolis

Ini merupakan kepribadian yang bertolak belakang dengan sanguinis. Tipe ini lebih suka menunjukan sikap serius, jarang tersenyum dan kurang ceria. Mereka lebih suka hal-hal yang bersifat analitis, mendalam, detail dan penuh pemikiran. Pribadi melankolis cenderung tertutup dan instropektif, idealis, sangat rapi dan sangat berorientasi pada tujuan. Namun mereka sangat cerdas. Tak heran jika mereka cenderung memiliki standar tinggi dan sangat perfeksionis. Demi tujuan yang ingin dicapai, mereka bisa mengorbankan diri. Hati-hati berkomunikasi dengan pribadi melankolis, karena mereka mudah tersinggung. Hal yang membuatnya merasa terganggu biasanya mereka pendam di hati, tidak dikeluarkan.

3. Koleris

Mereka merupakan tipe pemimpin dan pintar berorganisasi. Tipe koleris memiliki karakter tegas dan cenderung tanggap dalam melihat sesuatu. Mereka cepat mengambil keputusan dan mahir menuntun orang untuk menyelesaikan tugas. Pribadi koleris sangat dinamis dan aktif. Mereka memiliki visi ke depan serta memiliki kemauan yang kuat, cenderung lebih bijaksana dan tidak emotional ketika bertindak. Mereka mudah patah semangat dan sebaliknya, tertarik dengan tantangan. Sayang, krn karakternya ini, dia menjadi pribadi yang terlalu membutuhkan teman.

4. Plegmatis

Orang plegmatis cenderung mudah bergaul, terkesan santai, tenang dan teguh, tetapi pemalas. Ciri khasnya adalah mereka selalu menunjukan sikap sabar dan berusaha menjadi pendengar yang baik. Mereka tidak banyak bicara tapi cenderung bijaksana, simpatik dan baik hati atau toleran. Kalau kamu memiliki masalah, tidak salah untuk memilih orang plegmatis sebagai tempat curhat. Mereka cenderung bisa merupakan penengah masalah yang baik. Mereka suka konfrontasi, menghindari konflik dan cenderung cuek dalam berpenampilan.


Dulu pas SMP gw pernah ikut tes kepribadian ini.. Dan hasilnya adalah gw SANGUNIS alias cenderung ceria,, terbuka,, girang selalu dsb2. Awalnya gw memang ngerasa mgkn bener gw sanguinis.. Tapi makin gw beranjak dewasa,, gw kadang malah berpikir sptnya gw MELANKOLIS.. Entah ya yang mana yang bener,, gw bingung.. Disatu saat gw bs amat sangat sanguinis,, bisa bawel gt,, ngelawak dmana2,, bikin orang2 ktawa,, bs ceria dan hepi2 sendiri.. Tapi disatu sisi gw jg bisa tiba2 jadi pendiem,, males ngomong,, lebih suka ngerenung2 sendiri,, byk berpikir,, dan kadang gw sangat perfeksionis dalam byk hal..

Setelah gw renungin baik2,, gw baru sadar.. ternyata sifat sanguinis gw kluar kalo sama temen2 SEUMUR ato yang lebih kecil dari gw.. Gw bs dengan lepasnya bercanda2 ama orang2 yang seumur ato bahkan lebih muda dari gw.. Tapi kalo gw udah mulai harus berhadapan sama orang yang umurnya lebih tua (bahkan mungkin cm beda setaon diatas gw),, sifat melankolis gw lah yang akan kluar.. Ini jelas banget keliatan saat gw harus bersosialisasi di mudika gw yang rata2 umurnya lebih tua dari gw.. Yang masih SMA seinget gw cm 1,, yang kuliah keitung sama jari banyaknya,, sisanya dah kerja.. Kalo sama mrk,, gw susahhh banget buat bersanguinis.. Bercandaannya pun terbatas gt2 aja,, ga bs mpe bener2 lepas kyk sama temen2 skolah ato kuliah.. Gw lebih ngerasa comfort buat ngejadiin mrk sbg sodara alias kakak daripada sbg temen.. Mungkin itu bkin gw pny respect berlebihan ke mereka kali ya? hehe..
Dulu pas pertama kali gw ikut mudika malah jauhhhhhhhhh lebih parah dari skarang.. Gw bener2 pendiem bgt,, padahal di skolah gw bawel wkwk.. Skarang sih udah agak mendingan,, tp tetep ajah melankolisnya lebih dominan sama mrk..
Knapa ya? Knapa ya? Knapa ya?

Kenapa gw gak bisa sanguinis sama orang yang lebih tua?! huhu T.T

jgn blg gw berkepribadian ganda. hahah.

No comments: