Wednesday, January 14, 2009

- "THE PUPPET philosophy." -

Pernah terpikir gak,, bhw kita dan Tuhan bagaikan boneka puppet dan dalangnya?
Spt yg kt tau, boneka puppet itu adalah boneka yg bisa digerakkan oleh manusia, dgn menggunakan tali yg diikat ke bagian tubuh boneka itu.. Dulu diluar negeri pernah sempat terkenal yg namanya "The Puppet Show". Kalo di Indonesia yg paling mirip pertunjukkan ini mgkn wayang golek kali yah hehe..

Gw tiba2 aja berpikir,, kt sbg manusia bagaikan si boneka puppet itu.. Kita "didandani" dgn berbagai karunia dan talenta, spt boneka2 itu didandani dengan pernak-pernik yg membuat boneka itu terlihat lebih menarik.
Sedangkan Tuhan adalah dalang puppet itu. Dia yang telah "mendandani" kt, akan memegang "tali2" kt dan kemudian "menggerakkan" kt kemana pun Dia mau. Dia akan membawa kita ke "panggung pertunjukkan", yaitu dunia tempat kt hidup skarang ini, dan menjadikan kt sebagai penghibur bagi orang2 lain.. Menjadikan kt sebagai alasan bagi orang lain utk tertawa.

Ketika kt sudah memasuki panggung dan mengadakan pertunjukkan, tugas kt hanyalah PERCAYA pada Dalang kt,, bhw Dia mampu menjadikan kt yg hanya "benda mati" ini dapat terlihat begitu "hidup" di mata penontonnya..
Percaya bhw Dia dapat membuat kt bergerak2 dengan indah di atas panggung.. Kt hanya perlu mengijinkan Dia menggunakan tubuh kt utk dipakai olehNya. Toh Dia jg telah mendandani kt dengan pernak-pernik yg begitu indah =)

Tetapi setelah pertunjukkan berakhir, dan tepukan tangan para penonton menggema di seluruh ruangan, ingatlah, bhw kt tidak layak menerima pujian dan tepukan tangan itu. Krn sesungguhnya yg patut menerima itu semua adalah Dalang kita. Dia yg telah menggerakkan kt, Dia yg telah "menghidupkan" kt. Bagian kt hanyalah diam dan taat, bergerak kemana pun Dia menuntun kt. Bukan kt yg hebat, bukan kt yg mampu, bukan kt yg kuat. Jadi bukan kt pula yg layak menerima semua pujian orang atas "keindahan" kt bergerak di atas panggung dunia.
Hanya ada satu yg layak menerima pujian itu, Tuhan Yesus. Dialah Dalang kt yg sejati. Dialah yg telah menuntun kt sedemikian jauh, hingga kt mampu "mewarnai" dunia ini dengan segala talenta kt.. Satu hal lg yg perlu diingat, bhw talenta dan karunia kt pun bkn hasil kepintaran kt,, tp itu semua murni pemberian Allah sebagai alat bagi kt utk melayani Dia. Sama halnya spt para dalang yg memperlengkapi boneka2 puppetnya dengan berbagai aksesoris sbg "modal" utk tampil dalam pertunjukkan itu..

So, we're His puppets and He's our Puppeter.
Just trust Him and move to wherever He wants us to move, and our life would be great.
We'll see what we've never seen before
and we'll get more than we've ever asked,,
only if we TRUST OUR PUPPETER ^^

No comments: