Friday, January 23, 2009

- "be FAITHFUL in every situation." -

Tadi siang gw ikut PD di kampus =)
Topik yg dibahas hari ini adalah ttg bagaimana cara kt menjawab panggilan Tuhan.. Stlh firman dan sharing berakhir, tiba2 Kak Ririn (seorang alumni atma jaya, yg kl gak salah sptnya gw pernah liat dia mjd pembicara di PD BiG) bilang bahwa di awal kt mengenal Tuhan, biasanya Tuhan akan memberikan "hiburan2 rohani" bagi kita. Hiburan2 rohani itu bs berupa kerinduan kt utk melayani Tuhan, atau Roh Kudus yg mendorong kt mjd begitu berkobar2 utk membaca dan mendengarkan firman Tuhan, atau berupa hal2 lain yang terkadang membuat kt merasa berada begitu dekat dengan Tuhan..
Tapi semakin lama Ia akan mulai secara perlahan-lahan mengambil "hiburan2 rohani" itu dari kita.. Tujuannya adalah agar kita bs menjadi semakin dewasa di dalam iman. Agar kita mengikuti Tuhan bukan hanya berdasarkan atas perasaan kita,, tetapi krn sungguh hati kt merindukan Tuhan. Mengikuti Tuhan bukan hanya demi mengejar berkat2Nya, tetapi mengikutiNya dengan segenap hati di dalam setiap keadaan karena kt mencintaiNya.. Belajar utk tetap mengasihi dan menyembahNya bahkan ketika Tuhan terasa begitu jauh..

Bagi gw apa yg dikatakan Kak Ririn itu sangat tepat. Gw jadi inget, dulu saat pertama kali gw mengenal Tuhan, hati gw sangat berkobar2 dalam mencari Tuhan. Gw selalu haus dan lapar akan firman Tuhan, selalu rindu untuk berkumpul dan melayani di dalam komunitas, dan selalu ingin utk berbicara pada Tuhan setiap saat. Gw ingatttt persis bahkan saat gw sedang belajar di sekolah pun, pikiran gw selalu tertuju kpd Tuhan. Di tengah2 pelajaran gw bs tiba2 teringat sendiri pada Tuhan Yesus, dan di dalam hati gw terus menerus berbicara kpd Dia. Saat itu gw merasa bahwa Tuhan Yesus ada begitu dekat dengan gw. Sepertinya Dia gak cm ada di sekeliling gw, tp bahkan menyatu dalam diri gw. Gw dengan mudahnya merasakan hadiratNya, bahkan sebelum gw mulai berdoa dan saat teduh di kamar..

Tetapi perlahan-lahan Tuhan mulai mengambil perasaan itu.. Beberapa kali gw merasa bahwa Tuhan begitu jauhhhh dari gw.. Gw berusaha mencari Dia, berdoa, baca firman, ikut pengajaran2 dan sebagainya,, tetapi gw tetap gak bs merasakan hadiratNya sama skali. Gw seringkali berdoa tanpa mendapatkan jawaban. Seakan2 Tuhan diam dan menutup telingaNya bagi gw. Seakan2 semua doa2 yang gw ucapkan tertahan di langit dan tidak bs mencapai takhta Tuhan. Seringkali hal ini membuat gw merasa begitu kering. Hubungan gw dan Tuhan menjadi terasa begitu "garing". Gw menyebut hal ini sebagai masa padang gurun rohani.

Tapi gw bersyukur, krn gw tau bahwa Tuhan melakukan itu semua bukan krn Dia udah gak menyayangi gw lagi,, tapi krn Dia ingin mendewasakan gw. Krn Dia ingin agar gw tetap mencari Dia walaupun gw sedang merasa begitu kering dan seakan2 Tuhan menghilang dari hidup gw. Dia gak maw gw mencari Dia hanya ketika gw dengan mudah bs merasakan hadiratNya dan mendapatkan sukacita surga. Dia gak maw gw hanya berdoa kpdNya disaat Dia selalu menjawab doa2 gw. Dia ingin melihat, apakah gw akan tetap setia mencari wajahNya bahkan ketika Dia seakan2 gak pernah menanggapi seruan2 gw.. Udah saatnya iman gw harus mjd lebih dewasa.
Dan ketika gw berhasil melewati masa padang gurun itu, Dia akan mengangkat gw satu tingkat lebih tinggi. Disaat gw berhasil untuk tetap setia dalam segala keadaan, Dia memberikan berkat yang berlipat kali ganda utk gw =)

Berkali2 gw masuk dan keluar dari masa padang gurun ini,, tetapi satu hal yang gw tau pasti bahwa Tuhan gak akan pernah meninggalkan gw sedetik pun. Saat Dia terasa begitu jauh, gw tau bahwa sebenarnya Dia tetap berada di sisi gw,, hanya saja sesaat Dia menyembunyikan wajahNya utk melihat apakah gw akan tetap mencari Dia.. Perasaan yakin akan hal inilah yg pada akhirnya selalu membuat gw kembali bersemangat utk berjuang keluar dr masa2 padang gurun itu. Berjuang utk gak kalah terhadap keadaan, gak menyerah terhadap perasaan yg kering itu..

Trima kasih, Tuhan, bwt smua ujian2 padang gurun yg boleh aku alami dan lewati selama ini.. Aku tau itu semua Kau ijinkan terjadi untuk membawa aku semakin dewasa, mengajarkan aku untuk belajar tetap setia kepadaMu. Belajar untuk mengikuti PribadiMu, bukan mengikuti berkat2Mu.. Belajar untuk mencintaiMu dengan HATI, bukan dengan perasaan.. Jaga hatiku, agar semakin hari aku boleh semakin setia padaMu. Jadikan aku semakin dewasa, baik dalam iman maupun karakter, agar aku boleh menjadi berkat bagi orang lain..
I Love You, Jesus. Forever more ^^

No comments: