Friday, September 12, 2008

- "only GOD knows." -

Beberapa hari yang lalu temen gw tiba2 blg gini ke gw: "Trid, kok lo bae banget ya.. Mau rajin ikut kegiatan2 gereja, PD, baksos gt2.. Kalo gw mah kykna jahat bgt.. Gw ga demen kegiatan gituan,, ga mau ikut.. Gw jadi brasa gw jahat d.."
Okeh,, gw lgsg blg ke dy, "Eh sapa blg? Emanknya kalo demen ikut PD gt2, brati orangnya pasti bae? Trus kalo lo kga ikutan acara gt, brati lo jahat? Ya kga lahh.. Kalo kyk gt brati smua orang bae tu cm bs dicari di acara PD n kegiatan greja dong??"

Wew,, slama ini gw br perna denger temen gw terang2an ngomong kyk gt sama gw.. Gw cukup kaget wkt itu,, menyadari bhw ternyata pikiran dy kyk gt.. Gw baru tau, jd slama ini dy nganggep gw tu orang yang bae krn rajin ikut kegiatan greja, dan dy memandang dirinya sendiri sbg orang yang jahat krn ga maw ikut acara2 greja. Umm.. It's a silly thought i think >.<
Apakah ada jaminannya, bhw orang2 yang rajin pelayanan, brati mrk adalah orang2 yang suci? yang berkenan di mata Allah? Hey,, inget! Manusia melihat apa yang dipandang mata, tp Tuhan melihat hati. Apa yang mungkin terlihat "suci" di mata manusia, blom tentu "suci" di mata Allah.

Jangan terlalu cepat men-judge mrk yang rajin ikut ke greja brati hidupnya mulus,, hatinya suci,, baek,, dapet jaminan masuk surga and so on, and so on.. Bener kata apa yang ditulis temen gw dalam blognya,, kami ini masih MANUSIA BIASA. We're NOT angels. Setiap manusia, gw yakin pasti punya sisi lemahnya. Kami pun masi sering jatuh dalam dosa yang sama. Masi berjuang dalam pergumulan melawan keinginan daging kami. Bukan brati kami adalah orang2 yang 100% ga perna buat dosa lagi. Dan mungkin aja setiap dari kami punya sisi kelam yang orang lain gak tau.. Only God knows, right?

Lalu temen gw yang lain sempet nanya, "Gmana si cara kt bs blg seseorang itu udah cukup religius, imannya kuat? Apa krn dy udah ikut byk keg greja n pelayanan, ato gmana?"
Well,, ini juga sama. Balik lagi, kalo dalam pandangan mata manusia, mgkn kereligiusan seseorang bs diliat jika dy aktif dalam greja, pelayanan dsb2.. Tapi, apakah mereka jg pasti religius dalam pandangan mata Tuhan? Tuhan gak minta kt rajin2 pelayanan, tp tanpa hati yang tulus. Tuhan gak minta kt pelayanan, tp cm spy dipandang mns. Dia cm minta kt melayani dengan sepenuh hati, melayani atas dasar kerinduan dan bukan krn kewajiban. Melayani di dalam kasih dan sukacita. Dan apakah kt,, sbg manusia, bs melihat ke dalam hati setiap orang2 yang melayani? Nope. Skali lagi, only God knows. Iman kt gak bs diukur, gak ada patokan apakah kt bs blg iman kt itu tinggi ato rendah, tebel ato tipis, kuat ato lemah. Iman itu hny masalah kt dengan Tuhan. It's just about us n God. No one else knows.

Jadi, please. Jgn perna memandang bhw kami yang melayani itu slalu lebih baik dibandingkan orang2 yang gak melayani. Kami melayani cm krn kami ingin membalas smua kebaikan yang udah Tuhan kasih di dalam hidup kami. Tapi kami bukan orang suci. Kalo mns menganggap kami suci, suatu saat mrk pasti akan kecewa saat melihat kami jatuh dalam dosa. Dan mungkin ujung2nya mrk akan berkata: "Ih,, kan dy anak pelayanan.. Kok masi gt si.."
Nah. Ini dy yang gawat. Akhirnya label pelayanan dan greja lah yang dibawa2. Huahh. Jangan sampe..

No comments: