Monday, August 9, 2010

- "HOPE doesn't disappoint." -

Kemarin gw pergi ke misa minggu di gereja gw, Santo Thomas Rasul. Jujur kemarin gw datang ke gereja dengan rasa ngantuk dan lelah yang amat sangat.. Malam sebelumnya gw begadang sampai jam setengah 4 pagi (well.. it was my fault) dan paginya gw harus mengikuti kelas pelatihan pujian di shekinah dengan mata yang bengkak karena kurang tidur.. Begitu kelas pujian berakhir, gw segera pulang naik kendaraan umum untuk mengejar gereja jam 4 sore bersama ortu gw.. Begitu sampai di rumah, gw merasa lelah sekali dan gak siap untuk misa.. Tapi gw berdoa dalam hati supaya Ia memberikan gw kesegaran dan kekuatan baru untuk mengikuti misa karena jujur gw benar2 ingin misa..

Romo yang memimpin adalah romo cabutan dari paroki gereja di Slipi dan gw baru pertama kali melihat beliau di misa kemarin.. Sampai di bacaan pertama, gw sudah menguap berkali2, mata gw berair dan kepala gw sedikit pusing karena menahan ngantuk.. Tetapi gw tetap berusaha untuk fokus pada misa dan tetap percaya kalo misa ini gak akan sia2 dan akan memberikan sesuatu pada gw.. Begitu tiba saat kotbah, entah kenapa rasa ngantuk gw tiba2 hilang begitu aja dan gw langsung fokus mendengarkan kotbah romo.. Dan ternyata keyakinan gw di awal misa tadi bahwa misa ini akan memberikan gw sesuatu terbukti oleh kotbah romo yang sangat bagus mengenai "pengharapan".

Di awal kotbah, romo memberikan cerita singkat tentang Christopher Colombus.. Yaph, he was the inventor of the continent of America.. Dia orang pertama yang mendarat dan menemukan benua ini.. Memulai perjalanan pada tahun 1492 bersama 3 kapal anak buahnya, mereka berlayar dengan penuh pengharapan dan semangat bahwa mereka akan menemukan suatu daratan baru di dunia ini. Berbulan2 berlayar tanpa di tengah samudra tanpa arah dan petunjuk akan adanya daratan, mereka mulai bersungut-sungut dan berkecil hati. Hampir seluruh anak buahnya meminta untuk memutar arah dan kembali ke benua Eropa, tetapi Christopher yang tetap yakin dan percaya bahwa ekspedisinya ini gak akan sia2, mencoba untuk memotivasi dan membangkitkan semangat anak buahnya kembali. Sampai pada akhirnya mereka benar2 mendarat di sebuah daratan yang sangat luas, yang sekarang kita kenal sebagai benua Amerika. They did it! Coba bayangkan jika pada saat itu Christopher tidak memegang teguh kepercayaan dan pengharapannya dan menuruti permintaan anak2 buahnya untuk segera kembali ke Eropa, mungkin hari ini kita tidak mengenal Christopher Colombus di dalam buku sejarah dunia sebagai penemu benua Amerika.

Kehidupan kita juga seperti perjalanan Christopher mengarungi samudra, tanpa kita bisa melihat dengan pasti masa depan kita.. Namun kita memiliki suatu TUJUAN HIDUP, dan kita dibekali dengan IMAN dan PENGHARAPAN dalam mencapai tujuan kita itu.. Mungkin perjalanan kita gak akan mudah dan mulus, akan ada banyak ombak dan badai yang menerpa kehidupan kita.. Ada saat dimana kita merasa putus asa serta ragu dan takut untuk melangkah, seringkali kita berpikir bahwa akan lebih baik apabila kita menyerah dan berhenti mengejar tujuan kita.. Kita memilih untuk kembali ke "comfort zone" kita.. Tetapi di saat seperti itu ingatlah satu hal bahwa pengharapan itu tetap ada dan iman kita di dalam Dia gak akan pernah sia2.. Gw pribadi percaya bahwa ketika Tuhan menaruh satu mimpi dan visi di dalam hati kita, Dia gak akan pernah lupa untuk menyertai dan memampukan kita untuk mencapainya.. Dia akan memperlengkapi kita dengan perlengkapan2 yang kita butuhkan dan Dia akan tetap menjaga kita, asalkan kita menaruh segala mimpi dan tujuan kita di dalam Dia..

Bawalah harapan2 kita di dalam doa, tetaplah berusahalah semampu kita, dan serahkan hasilnya kepada Tuhan. Biar kita melakukan bagian kita, dan Dia yang akan melakukan bagianNya.. Dan biarlah setiap harapan kita boleh membawa satu kemuliaan untuk namaNya, bukan untuk kemuliaan kita sendiri :)

"And HOPE DOES NOT DISAPPOINT US, because God has poured out His love into our hearts by the Holy Spirit, whom He has given us."
- Romans 5:5 NIV -



For I believe that He will never put a dream in our heart without giving us the ability to reach it.. (",)

4 comments:

Anonymous said...

helooo crit..
lagi2 neh si penulis menuliskan kisah2nya,,heheh
mmhh..crit sbnernya blm gw baca seh hehe,,gw pling ngntuk klo baca mlm2 hihi..
tp gw yakin bagus..:D haha

astrid marcella said...

haha.. obet obettttt...
dasarr kawwww :P
yowes thanks for visiting my blog,, kpn2 aja gpp bacanya kl lg iseng hehehe ;)
tertarik ikutan nulis blog jg gak bet? hihi

Ria Wulandari said...

Waawwww siip bgt..
sipp sipp.. Apapun psti sanggup bila berjalan sm Tuhan.. Pengharapan tdk akan pernah sia-sia.. siip.. : )
Good notes.. ^^

astrid marcella said...

@ria: amiiinnn bebb.. iyaa.. di dalam DIA gak akan pernah ada yg sia2 :)
thanks dearr ^^