Friday, May 15, 2009

- "they're still HUMAN." -

Tadi gw pulang dari kampus naik busway dan angkot.. Awalnya di angkot B10 smuanya biasa2 aja, lalu gak lama kemudian naik 2 orang "sissy" (bencong-red). Saat mrk naik,, entah knapa raut wajah orang2 disekeliling gw lgsg berubah,, seakan2 mrk melihat preman berbadan super size atau apalah itu. Muka mrk lgsg terlihat gak nyaman, dan gerak gerik mrk jd spt orang yg gelisah.. Seakan2 dgn sikap mrk, mrk pengen menunjukkan pada kedua sissy ini bhw mrk merasa gak nyaman dgn kehadirannya. Dan gw yakin kedua sissy ini pasti menyadari sikap mrk. Tapi mrk cm bs senyum2 dan berusaha gak menggubrisnya..

Saat melihat sikap "merasa gak nyaman" penumpang2 lainnya,, gw sempet spontan berkata dalam hati "Biasa aja kaliii,, ga usah sampe kayak gt.. Kayak mereka (the sissy-red) tuh apaan ajaa.."
Sejujurnya gw pribadi pun gak terbiasa jika harus berdekatan dgn the sissy,, tapi gw selalu berusaha utk menjaga sikap agar gak menyinggung perasaan mrk.. Gw slalu berpikir,, kalo mrk sampe mjd seorang sissy,, itu pasti bukan sepenuhnya 100% salah mereka.. Pasti ada suatu hal dalam diri mrk, entah faktor dari dalam maupun luar, yang membuat mrk berubah spt itu.. Faktor dari dalam, misalnya, yaitu kelainan hormonal. Atau faktor dari luar, seperti, orangtua atau orang2 di sekitar mrk yg memperlakukan mrk sbg seorang perempuan, padahal mrk adalah laki2 tulen..

Gw yakin jauuuh di dalam hati mrk, kl mrk boleh memilih, mrk pasti gak menginginkan utk terjebak di dalam "ke-sissy-an" mrk ini.. Gw yakin, dengan atau tanpa mrk sadari,, mrk ingin memiliki sebuah kehidupan yg normal, baik secara fisik maupun mental, spt layaknya orang2 lain..
Tapi mungkin mrk gak punya pilihan. Mungkin mrk gak bs melawan keadaan. Melawan kelainan hormon di dalam tubuh mrk. Atau melawan perlakuan2 yg salah dari orang2 di sekeliling mrk..

Seringkali gw merasa simpatik dgn mrk, apalagi saat gw melihat betapa orang2 normal memperlakukan mrk secara berbeda.. Banyak skali cemooh yg ditujukan bagi mrk. Banyak skali hinaan, pelecehan, dan bahkan mungkin aniaya yg harus mrk terima. Menurut gw ini gak adil. Mrk MEMANG berbeda, tapi mereka tetaplah MANUSIA. Seorang manusia pastilah ingin dihargai, ingin merasa diterima, ingin diperhitungkan di dalam kehidupannya.. Sama seperti KITA.

Mereka adalah orang2 yg patut dikasihani, bukan dilecehkan. Kerasnya kehidupanlah yg telah membentuk kepribadian mrk mjd seperti itu.. Bukan mereka yg mau. Bukan mereka yg meminta.

So please..
Stop bullying and discriminating them,,
cause they're still HUMAN.
Just like we are..

No comments: